Pekerjaan juga butuh ‘sarapan’

Salah satu kunci manajemen operasional adalah bagaimana memulai hari kerja dengan tepat. Ini berarti soal pengarahan di awal hari kerja untuk memastikan follow up hari sebelumnya dan fokus di hari itu jelas, dan semua tim kerja jelas akan apa yang harus dicapai hari itu.

Kita perlu ingat bahwa sebenarnya setiap hari kerja itu adalah rangkaian dari proses berkelanjutan untuk mencapai target bisnis. Karena berkelanjutan, adalah wajar apabila orang lupa atau hanyut dalam keseharian lalu jadi bingung dan kehilangan fokus. Itu alamiah. Maka dari itu ada manajemen yang memimpin dan mengarahkan operasional setiap hari. Letak peran manajemen dalam hal operasional sebenarnya adalah:

  • Menyegarkan hasil hari sebelumnya yang perlu ditindaklanjuti (follow up) di hari berikutnya
  • Mengarahkan fokus pada hari itu untuk memastikan ada prioritas mana yang harus selesai hari hari itu dan apa yang harus dipersiapkan untuk hari berikutnya
  • Memonitor dan menjaga motivasi/energi kerja tim pada hari itu, dan bila perlu mendukung agar target hari itu terpenuhi

Nah, inilah mengapa briefing pagi sangat penting. Penting dalam artian manajemen harus paham betul memilih apa informasi dan arahan yang diberikan, dan bagaimana porsinya dan bagaimana menyampaikannya. Salah menyampaikan bahan, atau salah porsi, atau salah menyajikan, maka sangat mungkin hasil hari itu jadi tidak beres.

Inilah ‘sarapan’ bagi tim kerja, dan sebagaimana sarapan penting untuk tubuh kita, maka ‘sarapan’ ini juga penting untuk bisnis.

Any thoughts?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s