Saat pikiran kita ‘tercekik’….

Sebenarnya, yang paling mengerikan saat kita merasa kepala kita penuh dan kita merasa overload……adalah bahwa penyebab kepala penuh itu ya kebiasaan kita sendiri dalam berpikir.

Pada kenyataannya, sering kita merasa buntu dalam mencari ide, dan kelelahan dalam mencari solusi, karena kepala kita kebanyakan asumsi!

Benar, asumsi!

Coba kita refleksikan. Di era informasi makin deras menyerbu seperti sekarang ini, kita cenderung sibuk menerima informasi, tak lagi meng-cross check antar informasi, apalagi melihat kenyataan sebagai cara menguji informasi. Yang cenderung secara intuitif kita lakukan adalah mengaitkan beragam informasi, dan menyusun asumsi.

Lalu, ketika asumsi bertumpuk dan bertemu dengan asumsi yang lain, kita merasa overloaded dan pusing. Pikiran kita menjadi kabur, dan makin terbelit dalam mengolah tumpukan asumsi tersebut. Lalu, biasanya, kita mencari buku dan slides di berbagai sumber, yang penuh dengan beragam asumsi hipotetis, dengan harapan kita menemukan jawaban. Namun seringkali ini malah menambahkan lebih banyak asumsi ke dalam pikiran kita.

Dan pikiran kita pun ‘tenggelam’ dan ‘tercekik’ tumpukan asumsi kita sendiri.

Padahal, apabila kita ‘buang’ itu semua untuk sementara, dan kita sempatkan diri untuk menilik fakta rill di lapangan, dalam realita operasional sehari-hari, kita akan menemukan bahwa sebagian besar asumsi di kepala kita bisa disingkirkan karena tidak relevan.

Kuncinya disini adalah bagaimana kita menata struktur berpikir kita kembali ke prinsip dasar, yaitu bahwa kita asumsi adalah dugaan yang perlu kita ujikan dengan fakta di lapangan, sehingga pikiran kita hanya perlu asumsi yang relevan dengan realitas operasional.

 

Advertisements

Any thoughts?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s