Mencetak budaya?

Kebiasaan dan budaya kerja yang baik mengantar pada organisasi dan hasil kerja yang bagus. Sebaliknya kebiasaan dan budaya kerja yang tidak baik membawa hasil dan dampak buruk.

Tapi kuncinya adalah bagaimana kebiasaan dan budaya terbentuk. Akan terbentuk baik apabila ‘cetakan’ atau ‘mould’ nya bagus. Dan tentu, sebaliknya juga sama. Cetakan atau mould ini terletak pada bagaimana prinsip kerja diterapkan, dan bagaimana metode kerja diterapkan secara ajeg/konsisten.

Tanpa ada cara pandang yang sama di benak semua orang dalam bisnis tentang bagaimana prinsip bisnis tersebut dijelaskan, maka pekerjaan yang dijalankan hanyalah segerombolan orang yang bekerja sendiri-sendiri untuk kepentingan masing-masing. Tanpa pandangan yang sama tentang prinsip kerja, tidak ada cetakan mental yang menjadi fondasi kebiasaan dan budaya kerja.

Tanpa ada penegakan konsistensi dalam menerapkan metode kerja yang digariskan, maka bisnis hanya berisi orang-orang yang bekerja dengan cara masing-masing yang dirasa paling praktis sesuai kepentingan dan kenyamanan mereka. Pada situasi seperti ini, jangan harap ada sinergi efektif menuju hasil kerja produktif, karena pada dasarnya bagaimana pekerjaan dilakukan adalah urusan diri masing-masing. Pada situasi seperti ini, jelas tidak ada cetakan perilaku kerja yang menjadi wadah pembentuk kebiasaan dan budaya kerja.

Hanya ‘cetakan’ yang tepat yang akan membentuk dengan baik. Jadi bagaimana dengan bisnis dan pekerjaan anda? Apa ‘cetakan’nya? Apa sudah bagus? Atau jangan-jangan masih belum ada?

 

One thought on “Mencetak budaya?

  1. Sebelum kita bicara soal cetakan bagus, maka pertanyaan saya sederhana saja:
    1. Apakah orang yang mau pakai cetakan nya adalah orang yang tepat?
    2. Apakah orang yang dipandang tepat tersebut memiliki personal values yang sesuai untuk pekerjaan mencetak?
    3. Apakah fasilitas kerja orang tersebut sudah tepat sehingga hasil cetakan pasti bagus?

    Mengapa saya tanyakan hal-hal tersebut?
    Karena budaya kerja dibetuk oleh orang yang tepat, nilai-nilai kepribadian yang tepat, dan fasilitas kerja yang tepat.

    Orang yang tepat adalah orang yang sangat bersemangat, bahkan cinta mati pada pekerjaannya. Orang yang tepat adalah orang yang memiliki talenta terbaik untuk pekerjaannya. Orang yang tepat adalah orang yang mampu menggerakkan mesin ekonomi perusahaan melalui karyanya yang excellent.

    Nilai-nilai kepribadian yang tepat adalah landasan terbentuknya pola pikir. Pola pikir adalah landasan membentuk kebiasaan, dan kebiasaan adalah landasan membentuk budaya perusahaan.

    Ada tiga karakter manusia yang saya pandang dominan untuk membentuk pola pikir yang tepat, yang biasanya saya pakai buat proses hiring dan menyusun KPI:

    1. Integritas dan etika
    2. Keunggulan
    3. Kemurahan hati

    Integritas dan etika seorang manusia dinilai dari apakah dia “walk the talk” sehingga dia layak untuk dipercaya.
    Keunggulan seorang manusia dinilai dari kedisiplinannya, konsistensi dan kegigihannya.
    Kemurahan hati seorang manusia dinilai dari rasa kasih dan kebijaksanaannya dalam bekerja.

    Tiga karakter ini menurut saya akan membentuk kebiasaan kerja yang efektif, yang apabila dilakukan bersama-sama akan membentuk budaya kerja yang efektif.
    Kebiasaan kerja yang efektif ini harus difasilitasi dengan tepat agar menjadi produktif.

    Bila setiap orang mampu bekerja dengan produktif, maka perusahaan akan terus tumbuh menjadi perusahaan yang kaya dalam kelimpahruahan, karena yang kaya bukan hanya bossnya, tapi karyawannya juga kaya. Kaya yang saya maksudkan adalah kaya secara ilmu dan kaya secara uang, dan itu semua dimulai dari orang yang tepat.

Any thoughts?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s