Kita semua punya pelanggan!

Setiap usaha, setiap bisnis, setiap pekerjaan ….. pada dasarnya ada untuk melayani pelanggan atau konsumen pengguna hasil dari usaha atau bisnis atau pekerjaan tersebut. Jadi memahami bagaimana memberikan layanana dan solusi untuk pengguna hasil kerja kita adalah hal yang mendasar.

Sayangnya masih ada yang berpikir bahwa konsumen itu urusan bagian pemasaran atau penjualan. Mental macam ini adalah penyakit dalam bisnis yang harus diberantas. Semua posisi dan pekerjaan dalam proses di dalam bisnis pasti memiliki pelanggan atau konsumen, entah langsung ke konsumen akhir atau stakeholder lain di dalam lingkungan bisnis itu sendiri.

Setiap proses dan aktivitas harus memberikan hasil yang diperlukan oleh proses atau aktivitas berikutnya. Maka setiap pihak sebenarnya bekerja untuk memenuhi apa yang dibutuhkan pihak berikutnya. Maka dari itu pula, setiap pihak selalu punya konsumen, dan pada banyak situasi, konsumen tersebut menetap sebagaimana layaknya pelanggan.

Coba temukan hal ini di dalam lingkup sederhana di sekitar pekerjaan yang mungkin jarang kita pikirkan. Seorang asisten chef harus menyediakan support pada chef nya selaku pelanggan dari asisten chef itu. Seorang tenaga administrasi bekerja memenuhi kebutuhan atasannya selaku pelanggan jasa administrasinya. Seorang pemeriksa kedatangan material di gudang melayani bagian penyimpanan yang merupakan pelanggannya. Bahkan seorang tenaga security di pintu masuk bank, selain melayani konsumen yang datang, juga melayani teller dan customer service, saat tenaga security tersebut membantu nasabah untuk mengambil nomor antrian.

Nah kan? Semua punya pelanggan!

Selamat Hari Pelanggan Nasional 2019!

Advertisements

Any thoughts?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s