Proses yang tetap harus dilalui

Hadiah terbesar era digital pada dunia bisnis adalah begitu banyaknya metode dan teknologi untuk mempercepat proses. Hal ini terbukti membuat meningkatnya kemampuan bisnis dalam memenuhi keinginan konsumen, baik dari segi kecepatan penyediaan dan kualitas maupun kuantitasnya. Ditambah lagi, ini membuat harg menjadi kompetitif di banyak sektor.

Namun, ada beberapa hal yang tetap harus mengikuti langkah demi langkah di dalam proses, dan tidak bisa di-short cut atau dibikin lebih instant. Ini kita bisa lihat dalam proses-proses yang metode pelaksanaanya harus melalui tahapan, dan efektifitasnya meningkat setelah melalui pengalaman berulang-ulang. Contohnya semisal proses desain prototype, pengendalian operasional produksi, atau pengembangan ketrampilan manajerial.

Memang teknologi digital dan big data management bisa meningkatkan proses-proses tersebut, tapi itu dalam rangka mengoptimalkan setiap langkahnya. Tapi urutan/sequence dalam proses tersebut tetaplah tidak tergantikan dan harus dilalui.

Advertisements

Any thoughts?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s